Menu

Masyarakat & Perguruan Tinggi Harus Saling Percaya

  • Written by Super User

Ilustrasi. (Foto: Reuters)

Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Perguruan tinggi telah menghasilkan beragam karya untuk menjawab berbagai persoalan yang ada di masyarakat. Sayang, tidak semua orang percaya dan mau menggunakan hasil inovasi tersebut.

"Banyak karya dari Indonesia, termasuk perguruan tinggi yang belum dikembangkan secara luas. Kami (perguruan tinggi) membuat terus, tapi kalau masyarakat tidak mau pakai bagaimana?" kata Dirjen Dikti Djoko Santoso, selepas acara Inovasi Agroindustri Expo 2013, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2013).

Untuk itu, lanjutnya, perlu rasa saling percaya di antara kedua belah pihak, yakni inovator dan pengguna hasil inovasi. Selain itu, perlu dijalin komunikasi yang baik sehingga inovasi yang dihasilkan oleh civitas academica bisa diketahui oleh masyarakat luas.

"Kuncinya saling percaya. Gunakan pendekatan sosiologis dan jalin komunikasi dengan baik sehingga terjadi tukar-menukar pengetahuan dari perguruan tinggi ke masyarakat," jelasnya.

Apalagi, kata Djoko, Kemendikbud telah menganggarkan dana tersendiri bagi penelitian, yakni sepertiga dari Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Namun, besaran dana penelitian bagi tiap perguruan tinggi memang tidak sama.

"Dana penelitian kami anggarkan sepertiga dari BOPTN. Namun, memang beda anggaran untuk penelitian di perguruan tinggi yang produktif dan tidak produktif. Perguruan tinggi yang tidak produktif untuk apa diberi dana penelitian?" urai mantan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Menurut Djoko, tolok ukur suatu perguruan tinggi yang produktif dilihat dari beberapa hal. Salah satunya adalah jumlah jurnal ilmiah bergengsi yang dihasilkan serta hak paten yang diperoleh atas inovasi tersebut.

Terkait jurnal penelitian, Djoko menyatakan jumlahnya terus meningkat. "Tiap tahun, grafiknya terus meningkat walaupun belum tajam," tutup Djoko. (ade)

Info for bonus Review William Hill here.

UNIVERSITAS KARTINI

Jalan Raya Nginden No. 19 - 23, Nginden - Surabaya
No. Telp. (031) 5944462
Fax. (031) 5941954
E-mail unkarsby@gmail.com