Menu

Ubah Mindset tentang PTS

  • Written by Super User

Ilustrasi: Shutterstock, Afriani Susanti

JAKARTA - Saat masa pendaftaran mahasiswa baru dimulai, calon mahasiswa berbondong-bondong mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN). Prestise dan mutu menjadi dua alasan tingginya peminat kampus negeri.

Mindset ini masih menjadi acuan banyak orang. Padahal, ada banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang juga menawarkan pendidikan berkualitas. Terlebih lagi jumlah PTS juga jauh lebih besar ketimbang PTN.

"Dari sekira 4.000 kampus di Indonesia, 60 persennya swasta. Selain itu PTS juga memiliki kontribusi yang paling besar dalam memberikan pendidikan," kata Rektor Universitas Pamulang (Unpam) Dayat Hidayat saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Cara pandang lainnya yang membedakan kampus negeri dan swasta adalah, selama ini, masyarakat kerap berpikir bila lulusan PTN akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Atau, banyak perusahaan akan lebih senang merekrut lulusan PTN.

"Mindset ini pun harus diubah, mengingat dalam penilaian kerja kompetensilah yang harus menjadi tolok ukur. Bukan hanya pada dari mana mahasiswa tersebut pernah mengenyam pendidikan," ucapnya.

Dayat mengimbau, pemerintah serta masyarakat bisa mengubah cara berpikir tersebut. Serta menjadikan PTS maupun PTN sama-sama lembaga pendidikan yang perlu didukung.

"Pemerintah juga harus mengerti bila kampus yang bagus itu bukan hanya dilihat dari mahal atau tidaknya, tapi dari kualitasnya," tambahnya. (rfa)

Info for bonus Review William Hill here.

UNIVERSITAS KARTINI

Jalan Raya Nginden No. 19 - 23, Nginden - Surabaya
No. Telp. (031) 5944462
Fax. (031) 5941954
E-mail unkarsby@gmail.com